Pertanyaan :
Saya sering bingung dgn ibadah zakat, infaq, sedekah dan wakaf. Sepertinya sama sj karena sama2 ngeluarkan uang. Mhn penjelasannya. Terimakasih.

Jawab :
Zakat adlh kewajiban atas sejumlah harta tertentu diberikan kpd kelompok tertentu dan dlm waktu tertentu. Infaq adlh mengeluarkan harta yg mencakup zakat dan non zakat . Infaq ada yg wajib dan ada yg sunnah . Infaq yg wajib diantaranya zakat, kafarat , nadzar dll.Infaq sunnah diantaranya infak kpd fakir miskin , infak kpd bencana alam dll. Shodaqoh lebih luas lagi dr infaq dan zakat,infaq yaitu setiap kebaikan yg kita berikan kpd orang lain baik materi maupun non materi.

Sedangkan  Wakaf menurut istilah para ulama fikih artinya menahan harta yang bisa dimanfaatkan untuk umum tanpa mengurangi nilai harta ini untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Harta wakaf tersebut dapat dimanfaatkan dengan ketentuan tidak mengalami perubahan. Dengan kata lain, wakaf adalah mengeluarkan sebagian dari harta miliknya dan melembagakannya untuk selama-lamanya guna kepentingan ibadah atau kepentingan umum lainnya sesuai dengan ajaran Islam.

Syarat-Syarat Wakaf

Barang yang diwakafkan harus memenuhi tiga syarat yaitu sebagai berikut.

Barang yang diwakafkan harus bisa diambil manfaatnya dan keadaannya masih tetap. Artinya, benda tersebut tidak berkurang atau tidak habis jumlahnya.Barang tersebut adalah hak miliknya sendiri. Barang tersebut dapat digunakan untuk tujuan yang baik.

Setiap orang pastinya ingin punya derajat kedudukan yang tinggi. Apalagi di hadapan penciptanya.
Pencipta kita memberi info kepada kita, apa yang harus dilakukan.
“Orang-orang yang beriman dan berhijrah serta berjihad di jalan Allah, dengan harta dan jiwa mereka, adalah lebih tinggi derajatnya di sisi Allah. Mereka itulah orang orang yang memperoleh kemenangan.” At Taubah: 20
Jadi ada tiga faktor untuk manusia menjadi tinggi derajatnya dan meraih kemenangan.

Rahman adalah salah satu nama Allah dari 99 asmaul husna yang berarti lemah lembut, kasih sayang dan kehalusan. Orang yang dapat rahmat Allah berarti dapat kasih sayang dari Allah.

Pertanyaan :
Assalamu'alaikum ustadz                       
Bagaimana hukumnya jika ada orang yang memberi hadiah kepada kita setelah kita beri hutang/pembiayaan, apakah termasuk riba?                       
Mohon penjelasannya, terima kasih
Jawaban:
Hadiah utk pegawai dr pengguna jasa pd dasarnya boleh. Krn islam menganjurkan pemeluknya utk saling memberikan hadiah.Rasulullah saw bersabda: تهادوا تحابوا
"Saling memberi hadiahlah niscaya kalian saling mencintai .HR.Bukhari.          

Login Form